Sepeda Gunung Jenis dan Merk

Sepeda Gunung atau yang biasa di sebut dengan sepeda MTB ( Mountain Bike) yang ada di dunia banyak jenis dan merk nya. Dalam posting artikel kali ini, kami akan mencoba membahas tentang jenis dan merk sepeda gunung tersebut secara lebih detail. Sebelum kita lanjutkan, ada baiknya kita mengenal ciri ciri sepeda gunung. Adapun sepeda gunung memiliki ciri ciri sebagai berikut :

1. Bobot yang ringan.
2. Bentuk kerangka atau frame biasa dibuat dengan material alumunium ataupun komposit serat karbon.
3. Menggunakan sok (peredam kejut)
4. Ban yang dipakai memiliki kemampuan traksi dengan tanah yang sangat baik
5. Sepeda gunung biasanya memiliki 18-27 gear, yang berguna untuk mengatur kecepatan dan kenyamanan dalam mengayuh pedalnya. Sepeda gunung dengan 27 gear berarti memiliki crankset depan dengan 3 piringan dan cassette sprocket dengan 9 piringan. Sehingga 3 x 9 = 27 tingkat kecepatan yang berbeda.


Untuk jenis dari sepeda gunung itu sendiri secara umum terbagi menjadi 3 :

1. Down Hill (DH). Sepeda gunung untuk medan yang sangat ekstrem, sepeda gunung jenis ini memililki suspensi ganda (double suspension).
2. Cross Country (XC). Untuk medan yang tidak terlalu ekstrem, sepeda gunung jenis ini hanya mempunyai suspensi depan atau tanpa suspensi sama sekali. Karena hanya memiliki suspensi depan biasanya sepeda gunung jenis ini dikategorikan sebagai rigid frame.
3. All Mountain (AM). Sepeda gunung jenis ini biasa dipakai untuk track campuran antara cross country (XC) dan Downhill ringan (Light DH). Mempunyai 2 suspensi depan dan belakang (Double suspension). Panjang suspensi belakang (Rear suspension) sekitar 6 inch dan panjang suspensi depan (Fork)Mulai dari 140mm s/d 160mm. Pemakai dapat melakukan pendakian gunung dengan baik (ringan, tidak berat) sekaligus juga dapat menuruni gunung dengan cepat dan nyaman (tidak berguncang-guncang) karena panjang suspensi yang optimal.

Sedangkan untuk merk merk sepeda gunung yang biasa beredar atau di pakai oleh para goweser tanah air adalah sebagai berikut :

1. Polygon (lokal)
2. United (lokal)
3. Wim Cycle (lokal)
4. Giant (import)
5. Trek (import)
6. Kona (import)

Dan masih banyak merk merk sepeda yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, apalagi saat ini banyak sepeda gunung buatan china yang murah meriah mulai menyerbu masuk Indonesia. Oh ya gambar sepeda di atas adalah Polygon Xtrada 4.0 milik penulis dan termasuk dalam jenis XC atau cross country. Termasuk jenis apakah sepeda gunung anda?

Baca juga artikel sebelumnya :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Untuk pengguna baru lebih baik baca dahulu "CARA ORDER" nya sebelum berkomentar. Dan gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, jangan menggunakan banyak singkatan seperti SMS. Semua komentar yang masuk memerlukan persetujuan moderator blog ini.