Solusi Penanganan Ban Bocor

Ban Bocor atau kempes saat bersepeda pastinya akan membuat kita jengkel, kesal, ataupun marah marah sendiri jika kita tidak tau atau tidak pernah mempelajari cara mengganti ban dalam sepeda sendiri. Karena saat bersepeda (saat terjadi ban bocor) belum tentu dekat dengan bengkel atau tukang tambal ban. 

Untuk itu jika anda suka gowes cross country atau sekedar bersepeda santai sangat disarankan membawa pompa, ban dalam cadangan dan peralatan mengganti/tambal ban. Hal ini untuk mengantisipasi hal hal tersebut, seperti kata pepatah lama "Sedia payung sebelum hujan". 

Berikut langkah langkah memperbaiki/mengganti ban dalam sendiri :

1.Untuk lebih memudahkan perbaikan, balik sepeda anda agar roda berada pada posisi atas. kemudian lepas roda yang bermasalah.

2. Lepas kaitan ban luar pada salah satu sisi velg menggunakan alat pembuka ban (sendok ban). Sangat tidak disarankan menggunakan obeng karena akan merusak velg sepeda.

3. Keluarkan ban dalam dari ban luarnya, dan periksa apakah masih bisa di tambal atau tidak. Jika masih bisa, tambal lah menggunakan alat penambal ban sepeda yang anda bawa. Jika terpaksa harus di ganti, maka gantilah dengan ban dalam cadangan.

4. Pasang kembali ban dalam yang sudah di perbaiki/ban dalam baru dan isi sedikit dengan angin agar sedikit terlihat bentuknya.

5. Tempatkan pentil pada lubangnya, dan atur penempatan posisi ban dalam tersebut.

6. Tempatkan bibir ban luar ke dalam velg mulai dari bagian pentil dan selesai di bagian yang berlawanan, bekerja pada dua sisi secara bersamaan.

7. Dorong pentil ke arah dalam dan tarik kembali, hal ini di maksudkan agar pentil tersebut pas pada posisinya, dan pastikan juga ban dalam tidak terjepit di bawah bibir ban luar.

8. Setelah itu pompa lah ban sampai batas tekanan ban yang di rekomendasikan.

Selesai, sepeda anda sudah siap untuk di kayuh kembali. Bagi pembaca yang sudah pernah punya pengalaman dengan ban bocor saat bersepeda sharing dimari ya...

Baca juga artikel sebelumnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk pengguna baru lebih baik baca dahulu "CARA ORDER" nya sebelum berkomentar. Jangan buang waktu untuk spam di blog ini ya...