Tips Bersepeda Dengan Aman

Tips bersepeda dengan aman khususnya di jalan raya harus anda pahami untuk mengurangi resiko kecelakaan saat bersepeda. Saat melakukan aktifitas bersepeda baik yang ingin pergi ke kantor ataupun sekedar gowes cross country suka atau tidak suka pasti kita akan melewati jalan raya.

Jalan raya disini berarti dimana kondisi jalan di lalui oleh banyak kendaraan seperti mobil, sepeda motor, bis dan lain sebagainya. Dalam kondisi seperti ini banyak hal dan kemungkinan bisa terjadi jika anda tidak extra hati hati. Apalagi sampai saat ini pemerintah belum juga memberlakukan jalur sepeda di jalan raya seperti di negara negara lainnya. Demi menjaga keselamatan dan keamanan dalam bersepeda ada baiknya ikuti tips tips penting di bawah ini :

1. Pastikan ukuran sepeda sesuai dengan tinggi badan anda, jika anda dapat menjangkau tuas rem dan menariknya dengan sempurna berarti point ini sudah terpenuhi.

2. Pastikan juga semua komponen sepeda dalam kondisi oke. Check rem, roda depan belakang, dan check semua bagian sepeda yang anda anggap penting.

3. Gunakan helm dan pakaian dengan warna yang terang, ini dimaksudkan agar pengendara lainnya bisa melihat anda dari jarak yang cukup jauh.

4. Pahami dan patuhi semua rambu (peraturan) lalu lintas, dan usahakan selalu fokus dengan keadaan sekitar anda, karena bisa saja kendaran yang di depan anda ngerem mendadak.

5. Untuk mengurangi resiko terkena paparan polusi kendaraan bermotor pakailah masker.

6. Selalu menyalakan lampu sepeda di malam hari. Ini sangat penting bagi yang suka night riding.

7. Jangan pernah berkendara dengan bertumpu pada kendaraan lainnya.

8. Jangan mengebut di keramaian lalu lintas, karena ini sangat beresiko sekali.

9. Waspadai angkutan angkutan umum yang mengambil penumpang sembarangan, dan mobil yang di parkir di pinggir jalan karena pintu mobil bisa terbuka kapan saja.

10. Gunakan tanda atau isyarat yang jelas saat ingin berbelok ataupun memotong jalan.

Bagi anda yang baru menggunakan sepeda ada baiknya anda menghindari jalan raya ini. Berlatihlah terlebih dahulu dengan bersepeda di tempat tempat yang tidak terlalu ramai. 

Sekian dahulu ya, jika ada point point yang kurang anda bisa menambahkan lewat kolom komentar, semoga tips bersepeda ini bisa berguna...

Baca juga artikel sebelumnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk pengguna baru lebih baik baca dahulu "CARA ORDER" nya sebelum berkomentar. Jangan buang waktu untuk spam di blog ini ya...