SEO Bukalapak dan Tokopedia


SEO Bukalapak dan Tokopedia luar biasa, mereka menempati posisi pertama hampir di sebagian besar kata kunci produk. Seperti yang kita ketahui Bukalapak dan Tokopedia adalah 2 marketpalce terbesar di Indonesia yang banyak melakukan promo untuk produk produk yang di jual oleh sebagian besar online shop di tanah air. Untuk yang belum paham dengan SEO saya akan coba memberikan sedikit wawasan terkait SEO ini. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization

Artinya? bagaimana cara  web developer dalam kasus ini Bukalapak dan Tokopedia memaksimalkan kinerja atau program di web nya agar barang barang yang di jual oleh para seller yang bergabung bisa ada di peringkat teratas halaman 1 (mesin pencari Google) untuk kata kunci yang di targetkan.

Contoh kasus : seorang user yang mencari sebuah produk di internet selalu menggunakan mesin pencari Google (tidak semua tapi sebagian besar iya, 65%). Nah, ketika user tersebut mengetikan kata kunci produk yang sedang di cari pasti yang muncul di halaman 1 dan paling atas adalah Bukalapak dan Tokopedia. Ini luar biasa.... you are awesome

Seorang kawan yang menggunakan web pribadi untuk kepentingan jual beli produk dagangannya juga pernah mengeluhkan hal ini, SEO Bukalapak dan Tokopedia sangat sulit di kalahkan lalu saya jawab memang berat mengalahkan 2 raksasa marketplace tersebut tapi tidak ada yang tidak mungkin selagi anda mau berusaha, belajar terus menerus, koreksi diri dan mengikuti perkembangan terupdate tentang SEO Google ini.

Persaingan antara Bukalapak dan Tokepedia juga sangat sengit. Saat tulisan ini saya posting tepatnya 23 January 2017, pagerank halaman Bukalapak 3 dan Tokepedia unggul karena memiliki pagerank 4 (check di prchecker.info). Menurut data statistik Alexa pun Tokopedia lebih unggul karena merupakan peringkat 7 web di Indonesia dan 260 di rangking Internasional, sementara rivalnya: Bukalapak, terpaut sedikit di bawahnya yaitu peringkat 9 di Indonesia dan 348 untuk rangking Internasional. (untuk update anda bisa check sendiri di situs alexa)

Yang jadi pertanyaan saya selama ini, meskipun secara data statistik Bukalapak sedikit di bawah Tokopedia tapi kenapa di mesin pencari Bukalapak bisa ada di atas Tokopedia untuk pencarian produk produk yang notabene seller/penjual nya adalah sama. Sampai saat ini masih terus saya cari jawaban nya

Bagi anda yang ingin memberikan pendapat atau komentar tentang SEO Bukalapak dan Tokopedia di persilahkan, tapi tolong jangan berat sebelah ya. Netral aja...

sumber : opini pribadi




1 komentar:

Untuk pengguna baru lebih baik baca dahulu "CARA ORDER" nya sebelum berkomentar. Jangan buang waktu untuk spam di blog ini ya...